3247 Maba Muslim SNMPTN & SBMPTN Ikuti Tes BAQ dan Wawancara Tutorial PAI

Tes BAQ (Baca Al-Quran) dan wawancara tutorial PAI (Tupai) merupakan bagian dari alur registrasi tutorial PAI Maba Muslim UNY agar terdaftar sebagai peserta tutorial, baik semester ganjil maupun semester genap. Hal ini tentu saja menjadi salah satu agenda rutin setiap masa penerimaan mahasiswa baru UNY per-tahunnya. Semester ini, tes BAQ dan wawancara untuk maba SNMPTN & SBMPTN dilaksanakan selama 5 hari (Selasa/23, Rabu/24, Kamis/25, Jumat/26, dan Ahad/28) pada Juli 2019. Sebagaimana tertera dalam jadwal yang telah dibagikan kepada mahasiswa baru, tes BAQ dan wawancara dilaksanakan dari pukul 07.00 sampai 17.30 WIB dengan pembagian empat shift. “Beberapa kali kami reschedule jadwal tes karena bertabrakan dengan pelatihan softskill dan Pro-TEFL bagi mahasiswa baru”, jelas Rizki Nugraha, selaku koordinator Tim Tupai UNY 2019. Hal ini menunjukkan bahwa tes BAQ dan wawancara yang diselenggarakan oleh Tim Tupai UNY berdasarkan koordinasi dengan pihak universitas.

Melalui beberapa kali reschedule jadwal, akhirnya tes BAQ dan wawancara dapat dilakukan sebagaimana jadwal yang telah beredar (Selasa/FIK dan FE, Rabu/FT dan FIS, Kamis/FIP dan FMIPA, Jumat/FBS, Ahad/Susulan). Hal ini mengingat pentingnya alur tutorial PAI ini, sehingga jadwal-jadwal yang bertabrakan dengan agenda lain diatur sedemikian rupa agar semua agenda berjalan lancar. Melalui adanya tes BAQ dan wawancara, tim Tupai dapat melakukan pengelompokan saat mahasiswa baru mengambil mata kuliah PAI yang kemudian juga berpengaruh pada kelompok tutorial. Terdapat dua tipe pengelompokan dalam tutorial PAI, yaitu kelompok tutorial reguler dan BAQ. Menurut keteragan yang disampaikan oleh Rizki Nugraha, pembagian kelompok tutorial reguler berdasarkan hasil tes bacaan mahasiswa yang memperoleh jilid 4-7 (tartil), sedangkan kelompok tutorial BAQ berdasarkan hasil tes bacaan mahasiswa yang memperoleh klasifikasi jilid 1-3 sehingga fokus materi terletak pada belajar membaca al-quran.

Adanya tes BAQ dan wawancara sangat membantu Tim Tutorial PAI UNY dalam melakukan pengelompokan mahasiswa baru. “Ya, hal ini sebagai bentuk profesionalisme kerja Tim Tutorial PAI UNY, artinya kami tidak sembarangan dalam melakukan pengelompokan kelompok tutorial PAI. Yang harusnya masuk kelompok BAQ, kami masukkan ke kelompok BAQ agar nanti di akhir semester dapat dilihat apakah mahasiswa tersebut dapat naik jilid atau minimal kemampuan membaca al-qurannya lebih baik”, ungkap Siti Nurkasanah, Sekretaris Umum Tim Tupai UNY. Hal ini juga didukung dengan pernyataan relawan tahsin (penguji tes BAQ) bahwa hasil tes BAQ mahasiswa baru rata-rata jilid 1-3, hanya ada beberapa yang memperoleh hasil dengan predikat tartil. Beberapa kesalahan BAQ maba terdapat pada bacaan panjang pendek dan hukum bacaan nun sukun., Dengan demikian, selain menguji BAQ maba, relawan tahsin juga menambahkan sedikit materi quran agar maba dapat belajar dari kesalahan ketika tes dilakukan dan motivasi agar meningkatkan belajar quran.

Lebih lanjut, Siti juga menyampaikan bahwa alur tes diawali dari mengambil antrean tes dan melakukan tes BAQ dan dilanjutkan tes wawancara. Selama menunggu antrean wawancara di Gedung Islamic Education Center (IEC), Maba dapat mencari informasi tentang kegiatan tutorial PAI di stand fakultas masing-masing.

Darsi, salah satu penjaga stand dari Al-Ishlah FIS, mengatakan bahwa antusias mahasiswa baru yang melakukan tes BAQ dan wawancara tahun ini berbeda dari tahun kemarin. “Kalau tahun ini mereka sudah dikenalin kaya di registrasi tutorial PAI. Tahun ini lebih terstruktur sih karena kemarin ada stand tutorial PAI, SKI UKKI univ dan fakultas. Jadi maba lebih terarahkan. Ketika kami tanya,  mereka sudah tahu jadwal BAQ dan lain-lain”, jelas Darsi lebih lanjut. Dengan demikian, maba justru antusias menggali lebih dalam tentang informasi-informasi yang diperoleh sebelumnya bahkan informasi-informasi baru ketika berada di stand.

Harapannya, dengan adanya alur tes BAQ dan wawancara yang dilengkapi dengan stanisasi per-fakultas dalam penyediaan layanan informasi, mahasiswa baru dapat melakukan alur tutorial PAI dengan mudah. Pasalnya, Tim Tutorial PAI UNY sedang mengusahakan adanya sistem pelaksaan Tupai yang terstruktur sehingga benar-benar dapat menjalankan prorgam tutorial PAI secara maksimal. (Humed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *