UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) ONLINE TUTORIAL PAI 2020

Tutorial PAI adalah kegiatan kokurikuler yang menekankan pada pendalaman dan penguasaan tsaqofah Islam, keterampilan praktik ibadah, dan baca AlQur’an. Kegiatan ini diwajibkan kepada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Dalam mencapai tujuannya Tutorial PAI memiliki berbagai kegiatan yang sasarannya  kepada pengurus, tutor dan peserta tutorial. Salah satunya adalah Ujian Akhir Semester (UAS).

Ujian Akhir Semester adalah salah satu agenda yang diwajibkan kepada peserta  Tutorial PAI yang hasilnya menjadi komponen prasyarat lulus dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Sebelum melakukan Ujian Akhir Semester peserta tutorial sebelumnya telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Semester, yaitu memenuhi 75% KBMT.

Kegiatan Belajar Mengajar Tutorial (KBMT) akan diterima oleh mahasiswa UNY angkatan pertama yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) disemester yang sama. Untuk semester genap ini ada 4 fakultas dan 1 wilayah yang mengikuti KBMT, yaitu mahasiswa UNY angkatan pertama FE, FIS, FBS, FIK dan Wilayah Wates. Sedangkan untuk semester kemarin (semester ganjil) yang mengikuti KBMT adalah mahasiswa UNY angkatan pertama FMIPA, FT, FIP dan Wilayah Wates.

UAS Online

Yang membedakan UAS semester ganjil dan genap di tahun ajaran ini adalah pelaksanaan UAS semester genap ini menggunakan media online, tidak hanya UASnya saja tetapi beberapa pekan KBMT juga mengalami perubahan berbasis online. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang sedang ada disekeliling kita, mudah-mudahan kita segera dibebaskan dari wabah ini dan bisa segera beraktivitas seperti biasanya.

            Semua kegiatan Tutorial PAI setelah kampus memberi kebijakan untuk mengosongkan aktivitas dikampus seketika dirubah dengan cara online. Begitu juga UAS di tutorial PAI, segala distribusi soal, koreksi bacaan Al-Qur’an, koreksi UAS reguler, rekap penilaian dan berbagai koordinasi dilakukan secara online.

UAS yang Berbeda

            Di semester ini selain pelaksanaannya yang berbeda, ada beberapa muatan UAS  yang dibedakan juga. Terutama UAS Tutorial PAI Reguler, untuk UAS Reguler yang biasanya muatan soal dan jawabannya terkait materi KBMT, untuk tahun ini dirombak terkait beberapa point ketentuan UASnya. Peserta Tutorial PAI reguler diberikan soal untuk menganalisis keadaan, solusi dan peran terkait keadaan disekeliling kita yaitu adanya COVID-19 yang dikaitkan dengan berbagai materi KBMT Tutorial PAI.

            Untuk UAS BAQ, yang berbeda hanya pada pelaksanaannya saja yang berubah ke basis online. Untuk muatan pengujian bacaan dan indikator penilaian masih sama dengan semester sebelumnya. Dan untuk saat ini sedang dalam proses perekapan penilaian dari rekaman bacaan Al-Qur’an yang sudah dikirim oleh peserta Tutorial kepada para Tutor masing-masing.

            Selamat kepada mahasiswa UNY yang telah melaksanakan serangkaian kegiatan di Tutorial PAI UNY semester ini, terkhusus kepada peserta Tutorial. Semoga ilmu dan pengalaman di Tutorial PAI satu semester ini dapat menjadi bekal dalam mengarungi samudra kehidupan kita dan semoga diberi kelulusan dalam KBMT Tutorial PAI ini dengan hasil yang memuaskan. Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *