Profil

Selangkah Lebih Dekat,

            Di ruang sekertariat, bersama seorang kawan, bertemu senpai (senior), Sachoo (ketua) Tutorial PAI UNY 2014, dengan beberapa pertanyaan di buku catatan, wawancara mengalir akrab menyenangkan.

            Adalah Noor Aziz Prabanistian, ketika ditanya mengenai apa itu tutorial, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa 2010 ini menjawab, bahwa secara kelembagaan, tutorial adalah badan yang beranggotakan mahasiswa, di bawahi oleh badan MKU (Mata Kuliah Umum) yang bergabung dengan mata kuliah Pendidikan Agama Islam atau PAI, yang akan lebih banyak menggiring mahasiswa kepada persoalan afektif. Itulah yang kemudian sebenarnya, mata kuliah PAI tidak hanya satu SKS tatap muka di dalam kelas. Sehingga, mahasiswa yang kurang aktif mengikuti tutorial sebagai bagian dari mata kuliah PAI, akan sulit pula dalam mendapatkan perolehan nilai akhir.

Beralih ke persoalan visi-misi, sejalan dengan pengelolaan tutorial yang professional, visi tutorial sendiri adalah “menjadikan kampus UNY yang madani”, yang ungkap Sachoo kita bersama ini, masuk ke dalam pendidikan karakter sesuai visi-misi UNY untuk mahasiswa. Sedangkan untuk misi, secara garis besar adalah aqidah, ibadah, dan dakwah. Tahun ini, fokusannya adalah ibadah.

Penasaran terkait bidang-bidang apa saja yang ada di tutorial, “tahun ini ada perubahan”. Katanya mantap. Tutorial punya bidang Akademik, P2BQ (Program Pendampingan Baca Quran), P2T (Pencitraan dan Pengembangan Tutorial), dan RTU (Rumah Tangga Umum). Bidang akademik yang semula bergabung dengan HRD, tahun ini kemudian di pisah. Dari segi kurikulum, fokus pada pengemasan materi dan targetan pencapaian untuk mahasiswa. Kemudian bidang P2T yang terkait dengan ke-Media-an, ada tim riset sebagai langkah perubahan serta lima paradigma bidang media yang meliputi: cetak, online, …., ….., ….. serta Mator (Madrasah Tutor) yang akan di bersamai oleh Ustadz Fatan Fantastic setiap pagi untuk para tutor.

Di ranah fakultas, juga tidak jauh berbeda. Ada P3T (Pengembangan Potensi Peserta Tutorial), P2BQ (Program Pendampingan Baca Quran), PT (Pengelolaan Tutor)*Divisi, dan KPT (Komunikasi dan Pewacanaan Tutorial).  Terakhir, pada pertanyaan “Sesuatu apa yang ingin di berikan tutorial untuk UNY?” jawabnya, bahwa secara garis besar masih sama dengan visi.

Dalam misi, tentang Al-Quran sebagai landasan utama. Memastikan semua mahasiswa muslim bisa ngaji. Meski hanya satu semester, diharapkan bisa istiqomah dari segi pembinaan. “Beriman istiqomah, itu yang ingin kita tekankan, karena kewajiban itu masih sama” tambahnya.

Berislam kaffah (menyeluruh) adalah di mana bisa menyeimbangi intelektual dengan inner beauty. Pada akhirnya, rasa bagai mendayung sampan. “Kita optimis sampai finish, tetapi untuk mendayung sampan sampai ke tepian, sebagai bahan pembangunan dan perbaikan di perjalanan, butuh banyak kritik dan saran”.

(Ani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>