Profil

Tutorial PAI adalah kegiatan kurikuler yang menekankan pada pendalaman dan penguasaan tsaqofah islam, keterampilan praktek, dan baca tulis Al Quran. Kegiatan ini diwajibkan kepada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Kemudian dalam perkembangannya, tutorial merupakan sarana untuk meyebarkan nilai-nilai Islam yang bertujuan untuk memberikan pendalaman dan penguasaan tambahan ilmu keislaman bagi mahasiswa di luar materi perkuliahan Agama Islam. Dengan itu diharapkan terbentuk sosok pribadi muslim yang taqwa, mandiri, cendikia secara utuh, tangguh, dan mampu menjadi suri tauladan serta sanggup menyebarkan dakwah Islam (agent of change and innovation) dalam masyarakat kampus maupun masyarakat umum.

 

Tutorial PAI di Universitas Negeri Yogyakarta sudah berjalan sejak tahun 1990-an kegiatan ini sampai semester gasal 1993/1994 masih ditangani oleh UKKI atas senat mahasiswa. Namun mulai semester genap tahun akademik 1993/1994 dikelola oleh institute dan dikoordinir oleh MKDU FPIPS (FIS) serta Tim Tutorial sebagai pelaksana untuk mengembangkan dan mengelola pelaksanaannya. Mulai tahun ajaran 2012/2013 MKDU yang sekarang bernama MKU telah menjadi subbagian dari LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan).

 

VISI

“Terwujudnya masyarakat kampus yang madani melalui Pengelolaan Tutorial PAI Universitas Negeri Yogyakarta yang profesional berlandaskan pada Al Quran dan As Sunnah”

 

MISI

  1. Meningkatkan profesionalitasdalam pengelolaan tutorial PAI UNY berlandaskan Al Quran dan As Sunnah.
  2. Membangun bargaining position lembaga terhadap masyarakat kampus dan birokrasi.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya tutor tutorial PAI UNY melalui berbagai training dan suplemen.
  4. Membentuk lingkungan kegiatan tutorial PAI UNY yang kondusif bagi peserta tutorial PAI UNY.
  5. Membentuk pribadi muslim yang memiliki kecerdasan spiritual,emosional, danintelektual.
  6. Meningkatkan kemampuan baca Alquran mahasiswa muslim UNY.
  7. Meningkatkan kualitas ibadah harian dari mahasiswa muslim UNY.
  8. Membangun sinergi dan hubungan baik dengan organisasi/lembaga keislama intra kampus untuk mewujudkan mahasiswa yang berprestasi dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam.
  9. Meningkatkan syiar-syiar Islam di lingkungan kampus UNY.
  10. Membangunsinergitas danhubungan yang baik antar pengurus tutorial PAI UNY, pengurus dengan mahasiswa peserta tutorial, dosen PAI, dan Birokrasi UNY.
  11. Mengembangkan jaringan dengan lembaga-lembaga mentoring nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *