Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al-Quran FE – FMIPA

Sekitar 1000 mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017 memenuhi Masjid Al Mujahidin UNY pada Ahad (10/12) mulai pukul 08.00 WIB. Para mahasiswa wajib mengikuti Pesantren sehari dan ujian baca tulis al-Quran sebagai puncak kegiatan belajar tutorial yang telah dilaksanakan semenjak semester 1. Kegiatan ini diadakan dari kolaborasi antara Tutorial PAI FE dan Tutorial PAI FMIPA UNY.

 

Muallim, Ketua Tutorial PAI FMIPA mengatakan dalam sambutannya terkait pentingnya tutorial dan bagaimana seorang muslim sejati harus selalu meningkatkan kapasitas diri dengan memperbaiki bacaan al-Quran, sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu membantu mahasiswa menilai bacaan al-Quran masing-masing untuk dijadikan motivasi agar bacaan al-Quran semakin baik dan lancar.

 

Dengan bertemakan “Menjadi Mahasiswa Muslim Berkarakter”, mahasiswa mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh ustadz Fatan Fantastik mengenai urgensi sholat bagi orang Islam, bagaimana membangun kekhusyu’an sholat, dan pengingat bahwa sholat adalah tiang agama dan merupakan ibadah yang dihisab pertama kali di akhirat kelak. Tak lupa juga, ustadz Fatan menyampaikan hikmah yang didapat ketika telah melaksanakan sholat dengan baik dan benar, yaitu dapat melatih diri untuk meninggalkan maksiat sekecil apapun, dan juga mampu selalu menjaga kesucian kita.

 

Di sela kajian dan ujian baca tulis al-Quran ini turut dimeriahkan oleh hadroh dari El Maqosid KMNU UNY yang membawakan beberapa nasyid dan sholawat. Setelah sholat duhur kemudian dilaksanakan ujian baca tulis al-Quran. Total sebanyak kurang lebih 20 relawan tahsin menguji bacaan para mahasiswa. Setiap mahasiswa diminta untuk membaca beberapa ayat al-Quran untuk dinilai tajwid, makhorijul huruf, dan kelancaran dalam membaca al-Quran.

 

Kegiatan ini berjalan lancar dan diakhiri pada pukul 17.00 WIB. Harapannya, kegiatan ini mampu meningkatkan kecintaan mahasiswa baru terhadap al-Quran juga dalam menuntut ilmu agama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *