Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al-Quran FT – FIP

Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik salah satu acara puncak atau boleh kami sebut sebagai “GONG” dari Program Tutorial PAI UNY bagi mahasiswa baru khususnya untuk Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yakni Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al Qur’an.

 

Acara ini juga dimaksudkan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya kegiatan tutorial pai selama satu semester kemarin. Bagaimana Perkembangan Mahasiswa baru dalam bidang bacaan Alquran nya. Apakah sebelum ikut tutorial dan sesudah ikut tutorial mengalami perubahan. Ini salah satu hal yang ingin kami dapatkan datanya melalu kegiatan Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al Qur’an kali ini.Pengetesan Baca Al Qur’an pun dilakukan oleh Para Penguji yang sudah bersertifikasi dan Berpengalaman.

 

 

Acara Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al Qur’an kali ini di laksanakan oleh 2 fakultas yang penghuninya bisa di bilang kontras. Kenapa kami bilang seperti itu? Karena kedua Fakultas tersebut adalah Fakultas Tehnik dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kenapa kami bilang kontras? Karena kita tahu Fakultas Teknik di isi oleh mahasiswa laki lakinya lebih banyak dari Perempuannya yang mana berbanding terbalik dengan Fakultas Ilmu Pendidikan yang mayoritas mahasiswanya perempuan.

 

Tidak main main jumlah peserta untuk kegiatan Pesantren Sehari kali ini.. jumlah mereka ±1500 mahasiswa dari berbagai Prodi dan Jurusan dari kedua Fakultas tersebut. Dengan muka penuh antusias dan semangat membara mengikuti alur acara Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al Qur’an, Tangan mereka pun sudah terisi oleh buku dan alat tulis untuk mencatat materi materi yang akan di sampaikan oleh Ustadz Ulin Nuha Hafidzahullah nantinya.

 

Acara dimulai pukul 06.30 dengan alur Registrasi di meja sebelah Timur dalam Masjid, saat pendaftaran para peserta mendapatkan Snack dan form terkait tutorial lanjut. Setelah Registrasi mereka diarahkan ke bagian tengah masjid Mujahidin untuk pengkondisian acara.

 

Acara di buka oleh 2 MC kita, Mas Saifudin dan Mas Bondan yang siap menghangatkan suasana pagi yang sejuk di Masjid Mujahidin ini. Kemudian dilanjutkan dengan tilawah Al Qur’an oleh Mas Dwi Gunawan membacakan Surat Al Isra ayat 9-10.

 

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Mas Fajar Surya Anggara dan Mas Riri Purborapi. Mereka memberikan sambutan dan sedikit petuah untuk mahasiswa baru yang hadir di acara Pesantren Sehari kali ini.

 

Materi Ustadz Ulin Nuha Hafidzahullah, mendekatkan diri kepada Allah melalui Al Qur’an, hidup kita menjadi berkah. Kita harus yakin bahwa Al Quran adalah sumber keberkahan, dengan memperbanyak dan memperlama bacaan Al Quran maka akan bertambah pula keberkahan tersebut. Allah senantiasa memberikan keistimewaan terhadap para penghafal Al Quran, dan para Ahlul Quran dimana mereka yang menempatkan Al Quran dihati, dengan begitu mereka akan menjadi sosok yang mulia.

 

Acara Pesantren Sehari ditutup oleh MC dan dilanjutkan Pembagian Kelompok dan pengkondisian mahasiswa untuk keperluan Ujian Baca Al Qur’an. Pengelompokan dan Pengkondisian dipimpin oleh Mas Oki Firmansyah selaku koordinator lapangan.

 

Ujian Baca Al Qur’an ini di dampingi oleh sekitar ±15 Relawan Tahsin yang bertugas untuk menguji bacaan Al Qur’an para peserta Tutorial. Alhamdulillah kegiatan Ujian Baca Al Qur’an berlangsung dengan lancar. Semoga Terselenggaranya kegiatan Pesantren Sehari dan Ujian Baca Al Qur’an ini dapat manfaat kepada mahasiswa baru terhadap Manfaat Al Qur’an.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *